Cegah Demam Berdarah, Warga Desa Pageraji Giatkan Gerakan PSN

Pemberdayaan Masyarakat

Pageraji – Untuk mencegah penyebaran kasus demam berdarah dengue (DBD) di tengah masyarakat saat memasuki musim penghujan. Pemerintah Desa Pageraji, Kecamatan Cilongok menggerakkan seluruh masyarakat desa untuk melakukan PSN (Pemberantasan sarang nyamuk) ditempat tinggalnya masing-masing.

“Musim hujan apalagi jelas banyak genangan air diluar rumah yang tidak sengaja terisi. Misal ada wadah-wadah yang pada akhirnya menjadi sarang untuk jentik-jentik nyamuk,” kata Sekretaris Desa Pageraji, Rina Widyastuti, Rabu (30/1/2019).

Upaya PSN yang digiatkan di tengah masyarakat tersebut dengan caranya menggalakan kegiatan 3M Plus berupa menguras tempat yang sering dijadikan tempat penampungan air, menutup rapat tempat-tempat penampungan air seperti drum, dan memanfaatkan kembali atau mendaur ulang barang bekas yang memiliki potensi untuk jadi tempat perkembangbiakan nyamuk atau menguburnya.

“Apalagi kalau warga tidak terbiasa menguras bak mandi atau tempat tandon air. Karena tidak semua orang mengerti pentingnya PSN. Tahunya kerja bakti, padahal pemberantasan sarang nyamuk itu dengan 3M plus,” jelasnya.

Meskipun demikian, kesadaran masyarakat akan PSN masih kurang. Dia mencontohkan pada kegiatan PSN, Jumat (25/1) lalu, baru sebagian warga yang sadar dan melakukan PSN. Maka dari itu, peran berbagai unsur sangat dibutuhkan, khususnya peran serta para pemuda Desa untuk ikut berpartisipasi dalam kegiatan PSN.

‘Yang jelas kesadaran warga untuk kegiatan PSN masih kurang maksimal. Seperti jumat pertama, baru sebagian yang sudah melaksanakan. Entah kendalanya apa. Pdahal surat dan SMS telah diinformasikan,” ujarnya.

Meskipun demikian, pihaknya mengaku masih perlu melakukan sosialisasi lebih untuk menyadarkan masyarakat agar dapat serentak melakukan PSN di lingkungannya masing masing. Karena bagaimanapun kegiatan PSN sangat penting dan harus dilakukan.

“Rencananya PSN serentak di rumah maupun dilingkungan sekitar akan kembali dilakukan pada Jumat pagi (1/2) lusa. Nantinya dari Kecamatan maupun dari Puskesmas akan keliling ke Desa Pageraji memantau warga yang melakukan kegiatan serentak PSN,” ungkapnya.

Dia juga menghimbau kepada warga agar berhati-hati ketika ada yang menderita gejala DBD agar segera memeriksakannya ke dokter atau fasilitas kesehatan. (ARB)