Bersatunya Komunitas di Banyumas Dalam ‘Tour Kebudayaan’

Seni dan Budaya

Pageraji- Berbagai komunitas di Banyumas bersatu bersama pemuda Desa Pageraji, Kecamatan Cilongok mengadakan kegiatan bertemakan ‘Tour Kebudayaan’. Dalam kegiatan tersebut menampilkan pameran lukisan, literasi dan juga musik.

“Dalam kegiatan ini menampilkan seni rupa dari para pegiat seni rupa, teman-teman desa, dari kampus juga ada, musik dari teman teman juga, literasi dari beberapa Perpus jalanan. Kopi berkawan juga ada komunitas dan mayoritas dari anak anak Desa,” kata Anip, salah satu panitia kegiatan kepada pageraji.info, Sabtu (6/4/2019).

Kegiatan yang bertempat di Kebon Indah Pageraji ini sudah dirancang sejak lama, dengan dibarengi acara syukuran Kedai Kopi Berkawan, diharapkan kegiatan ini tidak hanya selesai dalam waktu sehari. Namun para pegiat musik, literasi, seni rupa dan kopi di Banyumas ini juga berharap akan terus dibuka ruang untuk menampilkan kreativitasnya.

“Kegiatan ini bukan cuma serentak bikin acara dan selesai. Kita punya misi ingin eksistensi dari pegiat literasi, musik, seni rupa punya ruang pajang karya, kita punya kegiatan positif dari pemuda-pemuda tidak batasi, dari lini manapun,” ucapnya.

Selain itu, dalam kegiatan tersebut juga dilakukan diskusi-diskusi terkait permasalahan-permasalahan yang ada di Desa. Dimana terdapat pergerakan pergerakan pemuda yang ada di Desa.

“Kita pingin sharing-sharing permasalahan apa yang terjadi dari pergerakan desa, kalau buat Perpus jalanan pasti ada problematika itu pasti, kita pingin tahu, kita cari dan pecahkan bareng, supaya kita tahu masalahnya apa,” ujarnya.

Bukan hanya itu, sekalian menampilkan pameran literasi, seni rupa, dan pentas musik. Diskusi terkait literasi, kopi, musikpun akan dibahas dalam kegiatan ‘Tour Kebudayaan’ tersebut.

“Ada juga diskusi tentang literasi, ada narasumber dari teman-teman, ada dari kopi, musik juga akan dibahas tentang RUU permusikan, dibahas dari para pegiat musik,” tuturnya.

Rencananya, event ini akan secara rutin dilakukan setiap bulannya dengan berpindah-pindah desa-desa. “Ada rencana event ini setiap bulan, target kita di desa desa, nanti pindah pindah. Bulan ini kita pilih Pageraji,” ungkapnya.

Comments are closed.