‘Tour Kebudayaan’, Embrio Bersatunya Komunitas Pemuda Lintas Desa

Seni dan Budaya

Pageraji– Tour Kebudayaan vol. 1 yang digelar di Kebun Indah Desa Pageraji, Sabtu (6/4/2019) berhasil menarik simpatik kalangan pemuda untuk mengisi kegiatan malam Minggunya. Acara yang dikemas jauh-jauh hari ini menampilkan beberapa karya hasil tangan seniman muda di daerah Banyumas Barat.

Seperti halnya salah satu pemuda Desa Pageraji, Sahal mengungkapkan diantara pameran lukisan yang menarik bagi dirinya selaku pengunjung, berbagai karya lukis dibuat dengan teknik yang berbeda. “Ada yang menggunakan teknik titik-titik, model sketsa, hingga ada sebuah lukisan yang terkesan timbul,” ujarnya.

Di sisi lain, ‘Kopi Berkawan’ (Warkop) selaku “mbaranggawe” acara tersebut, memberikan ruang membaca kepada para pengunjung. Hal ini ditujukan supaya meningkatkan minat baca di kalangan masyarakat.

“Buku-bukunya asyik lho kalau nggak cuma diliatin tapi yaa. Tak lupa, kamu harus seduh yaa kopinya. Mantapz!!!,” ajaknya.

Baca Juga : Bersatunya Komunitas di Banyumas Dalam ‘Tour Kebudayaan’

Selain ada lukisan, buku, tour budaya ini juga menampilkan seni musik, puisi, serta literasi yang dimeriahkan oleh ‘Teman Tertawa’, Verdi dan kawan-kawan, Mas Khas, dan masih banyak yang lainnya.

Acara yang didukung oleh perpustakaan-perpustakaan Desa, Perpus Jalanan (Perpusjal) Ajibarang, dan beberapa komunitas seni ini berlangsung cukup meriah. Karena selain pentas musik dari berbagai genre musik, ada rangkaian acara yang cukup menarik, yakni sarasehan dan berbagi cerita antar komunitas.

“Asyik, dan saya cukup bahagia menjadi salah satu pengunjung disitu. Selain media hiburan bagi aku sendiri, acara tersebut dapat menumbuhkan wawasan dan mempererat tali silaturrahmi khususnya dengan terjalinnya konektivitas antar komunitas,” imbuhnya.