Pemilihan Kepala Desa Pageraji

Layanan Publik Seni dan Budaya

Pageraji -Sebanyak 257 desa di wilayah Kabupaten Banyumas, menggelar pemilihan kepala desa (Pilkades) secara serentak pada hari ini, Selasa (23/7/2019).

Dari pantauan pageraji.info di lapangan Desa Pageraji, Kecamatan Cilongok. Desa Pageraji memiliki jumlah DPT sebanyak 8.320 orang, warga desa sangat antusias mengikuti pemilihan kepala desa yang diadakan enam tahun sekali ini.

“Banyak harapan dari masyarakat desa sini untuk calon kades yang terpilih nantinya, agar dapat membangun desa Pageraji lebih maju dari sebelumnya. Setidaknya program kerja yang bisa bermanfaat dan mensejahterakan warganya,” kata salah satu warga Desa Pegeraji, Slamet.

Di Kabupaten Banyumas sendiri terdapat 785 orang calon kades dari 257 desa yang melaksanakan gelaran Pilkades. Lima pasangan calon diantaranya masih memiliki hubungan suami istri ataupun hubungan sedarah.

“Dari 257 desa yang akan Pilkades Serentak, ada beberapa desa yang calonnya masih satu keluarga. Untuk jumlahnya ada lima pesangan,” kata Kepala Bagian Tata Pemerintahan Setda Banyumas, Djoko Setiono.

Dia mencontohkan seperti di Desa Pandak Kecamatan Baturraden yang calonnya adalah ayah dan anak. Kemudian di beberapa desa seperti Desa Pliken dan Desa Purwodadi Kecamatan Kembaran, Desa Kalisube Kecamatan Banyumas, serta Desa Karangkedawung, Kecamatan Sokaraja pertarungan antara pasangan suami-istri.

“Di desa-desa tersebut, calonnya memang hanya dua dan satu di antara calon di semua desa tersebut merupakan incumbent,”

Menurut dia, dalam Peraturan Bupati Banyumas Nomor 64 Tahun 2017 hanya menyebutkan pilkades bisa terselenggara jika diikuti dengan minimal dua orang dan maksimal lima orang. Karena tidak ada pelarangan adanya calon yang memiliki hubungan darah atau perkawinan.

“Dalam pilkades memang harus ada musuhnya, tidak seperti pilkada sebelumnya dimana ada calon yang melawan kotak kosong. Ini semua akan kembali ke masyarakat karena semua pilihan rakyat,” ujarnya.