Sambut Perayaan HUT RI Ke-74, Warga Desa Pageraji Adakan Syukuran

Pemberdayaan Masyarakat

Pageraji– Menyambut perayaan HUT RI ke-74 , hampir seluruh masyarakat Desa Pageraji ikut merayakannya dengan mengadakan syukuran. Salah satunya acara syukuran yang dilakukan warga Dukuh Renteng RT 2,3,4 RW 1 pada Jumat (16/8/2019).Acara yang diawali dengan pembacaan tahlil yang dilakukan oleh tiga kyai yakni kyai Mustangin, kyai Ngisomudin dan kyai Afandi Abdillah, serta dilanjutkan dengan solawat badar oleh ustadz Juned. Salah satunya sebagai bentuk syukur atas dibangunnya jalan Gedong Papak dan menyambut perayaan Kemerdekaan.

Dalam sambutannya, Kepala Desa Pageraji, Sutono mengatakan jika masyarakat Desa Pageraji harus bersatu dan berperan aktif bersama-sama membangun desa.

“Saya mohon bantuan dan kerja samanya masyarakat untuk bersama sama membangun desa,” kata Sutono dalam sambutannya.

Dia juga mengajak seluruh elemen masyarakat untuk bangkit membangun desa seperti makna lagu Indonesia Raya yang sebelumnya dinyanyikan oleh warga setempat.

“Tadi dinyanyikan dalam lagu Indonesia Raya, terdapat kata ‘bangunlah jiwanya bangunlah raganya’ berarti kan bukan hanya pembangun fisik, yang kita bangun bersama. Juga bangunlah jiwanya. Mayuh mangga para kiai untuk ikut serta berperan aktif dalam mengguyub masyarakat,” ujarnya.

Selain itu, Sutono juga mengajak masyarakat agar menjaga jalan yang dibangun oleh Pemda Kabupaten Banyumas agar tetap baik.

Sementara menurut Ketua panitia acara syukuran, Sani Irfan mengatakan jika dirinya sangat bersyukur dan bangga dengan acara syukuran yang bisa berjalan dengan lancar.

“Mudah mudahan acara ini dapat menjadi ajang guyub rukun warga grumbul dukuh renteng,” ucapnya.

Acara syukuran tersebut ditutup dengan pemotongan nasi tumpeng dan dilanjutkan dengan pemutaran film Sang Kyai dan Janur Kuning. (SHL/ARB).