Karang Taruna Pageraji Turun Langsung Salurkan Air Bersih Ke Warga Desa

Seni dan Budaya
Karang Taruna Desa Pageraji Menyalurkan Air Bersih (Dok. Karang Taruna/ Pageraji.info)

Pageraji– Kesulitan air bersih saat musim kemarau panjang ini kian meresahkan warga Desa Pageraji, Kecamatan Cilongok. Bahkan untuk bisa mendapatkan air bersih, warga harus menggantungkan pada penyaluran air yang dilakukan berbagai pihak.

Seperti yang dilakukan oleh para pemuda Desa yang tergabung dalam Karang Taruna. Setidaknya hingga saat ini sudah 30.000 liter air telah disalurkan ke tujuh gumbul yang ada di Desa Pageraji.

“Karang Taruna baru dua kali jalan karena kita sesuaikan dengan jadwalnya anak muda. Untuk malam ini sekitar 15 ribu liter satu kali pengiriman ini. Berarti kita sudah 30 ribu liter yang tercover sudah sekitar 7 grumbul. Yang terakhir di (grumbul) Blumbang Amba selatan,” kata Ketua Karang Taruna Desa Pageraji, Suyitno saat dihubungi Pageraji.info, Jumat (4/10/2019) malam.

Menurut Suyitno yang akrab dipanggil Genjo ini menjelaskan jika alasan mendasar yang menginisiasi pemuda didalam Karang Taruna turun, karena luasnya Desa Pageraji hingga menyebabkan bantuan air bersih dari berbagai pihak kurang merata.

Karang Taruna Desa Pageraji Menyalurkan Air Bersih (Dok. Karang Taruna/ Pageraji.info)

“Karena Pageraji sangat luas, makanya Karang Taruna ikut turun. Sebelumnya bantuan dari luar saya kira cukup, tapi nyatanya bantuan dari luar tidak cukup untuk warga Pageraji khususnya. Maka karang Taruna prihatin dan kita ngusulkan ke Pemerintah Desa dan kita minta tempat penampungan air terus kita jalan pelan pelan,” ucapnya.

Dia mengatakan jika berdasarkan informasi yang dia dapatkan dilokasi yang mendapatkan distribusi air bersih. Hampir rata rata dilokasi tersebut sumber air sudah tidak ada sama sekali akibat kemarau panjang, ditambah luasanya desa.

“Intinya karena warga belum merata mendapatkan air jadi kita karang Taruna betul betul terjun, salah satunya karena luasnya desa Pageraji,” jelasnya.

Dia mengungkapkan jika program bantuan air bersih dari karang Taruna ini akan terus dilakukan hingga datangnya musim penghujan. Sehingga dia berharap agar masyarakat Desa Pageraji khususnya jangan terlalu khawatir, sebab pemuda karang Taruna akan berupaya semaksimal mungkin untuk membantu penyaluran air ke titik titik rawan kekeringan. (ARB/ARB)